Tuesday, December 6, 2011

Sifat Zat Berdasarkan Wujudnya

Berdasarkan wujudnya, zat yang ada di dunia ini dibedakan menjadi tiga, yaitu zat padat, zat cair, dan zat gas. Ketiga wujud zat tersebut dapat berubah oleh karena adanya kalor. Tahukan anda sifat-sifat dari ketiga zat dimaksud? 

Zat padat adalah zat yang mempunyai bentuk dan volume tetap. Zat padat tersusun atas partikel-partikel yang teratur dan mempunyai jarak antarpartikel yang sangat rapat. Gaya tarikmenarik antarpartikel zat padat sangat kuat. Hal ini menyebabkan partikel tidak dapat bergerak secara bebas untuk berpindah tempat. Keadaan ini menyebabkan zat padat dapat mempertahankan bentuk dan volumenya sehingga zat padat selalu mempunyai bentuk dan volume yang tetap. Contoh zat padat antara lain batu, meja, kapur tulis, papan tulis, dan pensil.

Zat cair adalah zat yang mempunyai volume tetap, tetapi bentuknya selalu berubah-ubah mengikuti tempatnya. Dilihat dari susunan molekul dan ikatan antarmolekulnya zat cair mempunyai susunan molekul yang kurang teratur dan jarak antarmolekulnya yang agak renggang sehingga gaya tarik menarik antarmolekulnya relatif lebih rendah dibandingkan dengan zat padat. Hal inilah yang menyebabkan partikel-partikel dapat bergerak bebas untuk berpindah tempat. Akan tetapi, partikel-partikel penyusun zat cair tidak dapat memisahkan diri dari kelompoknya. Keadaan ini menyebabkan volume zat cair selalu tetap, walaupun bentuknya selalu berubah mengikuti tempatnya. Contoh zat cair antara lain air sirop, air teh, dan air mineral.

Gas adalah zat yang mempunyai bentuk dan volume yang tidak tetap. Hal ini disebabkan karena susunan molekul-molekul gas sangat tidak teratur sehingga gaya tarik-menarik antarmolekulnya sangat lemah. Partikelpartikel ini bergerak sangat bebas dan cepat dalam wadahnya. Hal ini menyebabkan zat gas tidak dapat mempertahankan bentuk dan volumenya sehingga bentuk dan volume zat gas selalu berubah mengikuti ruang yang ditempatinya. Contoh zat gas adalah udara.

Wujud
Bentuk
Volume
Kompresibilitas
Massa jenis
Kemudahan mengalir
Zat Padat
Tetap
Tetap
Tidak dapat dimampatkan
Umumnya mempunyai massa jenis besar
Tidak mengalir
Zat Cair
Mengikuti wadahnya
Tetap
Sulit untuk dimampatkan
Massa jenis sedang
Dapat mengalir
Zat Gas
Mengikuti bentuk wadahnya
Tergantung pada tempatnya
Mudah dimampatkan
Massa jenis sangat kecil
Dapat mengalir


Link terkait
Kohesi dan adhesi
Perubahan wujud zat
Massa jenis zat
Pemuaian