Tuesday, December 6, 2011

Perubahan Wujud Zat

Ada berbagai istilah dari perubahan wujud zat, baik padat, cair, maupun gas. Istilah tersebut adalah:

  1. Mencair
    Mencair adalah peristiwa berubahnya wujud zat padat menjadi cair. Hal ini bisa kita amati pada peristiwa mencairnya es batu menjadi cair.
  2. Menguap
    Menguap adalah peristiwa berubahnya wujud zat cair menjadi gas. Hal ini bisa kita amati ketika kita memasak air. Jika air telah mencapai titik didihnya (100oC), maka ia akan menjadi uap.
  3. Mengembun
    Mengembun adalah peristiwa berubahnya wujud zat gas menjadi cair. Peristiwa mengembun ini dapat kita amati pada embun di pagi hari. Embun di pagi hari terjadi akibat udara dingin dan menempel pada zat padat.
  4. Menyublim
    Menyublim adalah peristiwa berubahnya zat padat menjadi gas. Peristiwa ini dapat kita amati pada kapur barus (kamper) yang didiamkan di udara terbuka. Pada kapur barus yang didiamkan di udara terbuka tersebut lama kelamaan akan menjadi tipis akibat berubah menjadi gas.
  5. Mengkristal
    Mengkristal adalah peristiwa berubahnya zat gas menjadi padat. Peristiwa ini dapat diamati pada kapur barus yang dipanaskan dalam suatu wadah tertutup. Pada tutup wadah tersebut jika dipanaskan akan menghasilkan kristal-kristal kapur barus sebagai akibat dari penguapan kapur barus yang menempel pada tutup wadah dan membeku setelah tutupnya didinginkan kembali.
  6. Membeku
    Membeku adalah peristiwa berubahnya wujud zat cair menjadi padat. Peristiwa membeku terjadi seperti air yang dimasukkan ke dalam lemari pendingin (freezer). Pada suhu tertentu, air tersebut akan membeku.

Link terkait