Wednesday, December 7, 2011

Metode Pemisahan Campuran

Metode yang umum dipergunakan untuk memisahkan campuran antara lain filtrasi, dekantasi, sentrifugasi, evaporasi, distilasi, corong pisah, kromatografi, sublimasi, ekstraksi, dan daya tarik magnet.

  1. Penyaringan (filtrasi)
    Filtrasi atau penyaringan adalah teknik penyaringan yang dapat digunakan untuk  memisahkan campuran yang ukuran partikel zat-zat  penyusunnya berbeda. Misalnya, pada pembuatan santan kelapa. Santan kelapa dibuat dengan cara memisahkan campuran santan, air, dan ampas kelapa dengan menggunakan saringan. Dengan menggunakan saringan yang berpori-pori kecil, santan kelapa dapat melewati lubang saringan dan ampas kelapa tertahan dalam saringan.
  2. Sentrifugasi
    Suspensi yang partikel-partikelnya sangat halus tidak bisa dipisahkan dengan cara filtrasi. Partikel-partikelnya dapat melewati saringan atau bahkan menutupi lubang pori-pori saringan sehingga cairan tidak dapat lewat. Suspensi yang sulit dipisahkan ini dapat dipisahkan dengan pesawat sentrifugal. Tabung sebagai wadah suspensi dikunci pada gagang atau rotor untuk mengitari sebuah alat atau mesin pemutar. Batang vertikal di tengahnya diputar dengan motor listrik. Batang itu berputar dengan sangat cepat. Tabung akan mengayun dengan cepat tetapi mulut tabung tetap menghadap ke tengah.
    Sentrifugasi yang terkecil dapat memutar dengan kecepatan 2.000 putaran/menit (rpm). Sentrifugasi dapat digunakan untuk memisahkan susu menjadi susu krim dan susu skim. Sentrifugasi juga dapat digunakan untuk memisahkan komponenkomponendarah.
  3. Evaporasi (Penguapan)
    Peristiwa penguapan ini biasa terjadi pada proses pemisahan garam dengan air. Pada proses penguapan, larutan dipanaskan sampai zat pelarutnya (air) menguap dan meninggalkan zat terlarut (garam). Proses pemisahan dengan cara penguapan ini dapat terjadi karena zat terlarut (garam) memiliki titik didih yang lebih tinggi daripada zat pelarutnya (air).
  4. Distilasi (Penyulingan)
    Distilasi atau penyulingan adalah proses pemisahan campuran dengan penguapan yang diikuti  pengembunan.
    Mula-mula campuran yang akan dipisahkan dipanaskan hingga di atas titik didih zat yang akan dipisahkan. Oleh karena zat yang akan dipisahkan memiliki titik didih yang lebih rendah daripada larutan, maka zat tersebut akan menguap terlebih dahulu. Uap yang terbentuk kemudian didinginkan sehingga menjadi cairan. Cairan yang dihasilkan selanjutnya ditampung dalam suatu wadah sebagai distilat.
  5. Sublimasi
    Sublimasi adalah proses pemisahan campuran yang dapat digunakan untuk memisahkan komponen  yang dapat menyublim dari campurannya yang tidak dapat menyublim. Contohnya adalah proses pemisahan kapur barus yang tercampur pasir.

Link terkait
Sifat Fisika Suatu Zat
Sifat Kimia Suatu Zat
Perubahan Materi
Reaksi Kimia