Friday, September 14, 2012

Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

1. Pertumbuhan Primer

Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas jaringan meristem primer atau disebut juga meristem apikal. Titik tumbuh primer terbentuk sejak tumbuhan masih berupa embrio. Jaringan meristem ini terdapat di ujung batang dan ujung akar. Akibat pertumbuhan ini, akar dan batang tumbuhan bertambah panjang.
Daerah pertumbuhan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu daerah pembelahan, daerah perpanjangan, dan daerah diferensiasi.



a. Daerah pembelahan
Daerah pembelahan terletak di bagian ujung. Di daerah ini sel-sel baru terus-menerus dihasilkan melalui proses pembelahan sel. daerah inilah yang disebut daerah meristematis.
b. Daerah pemanjangan
Daerah pemanjangan terletak di belakang daerah pembelahan. Di daerah ini sel-sel hasil pembelahan akan tumbuh sehingga ukuran sel bertambah besar. Akibatnya di daerah inilah yang mengalami perpanjangan.
 c. Daerah differensiasi
Daerah differensiasi terletak di belakang daerah pemanjangan. Sel-sel yang telah tumbuh mengalami perubahan bentuk dan fungsi. Sebagian sel mengalami differensiasi menjadi epidermis, korteks, xilem, dan floem. Sebagian lagi membentuk parenkim, kolenkim, dan sklerenkim.
 2. Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan sekunder disebabkan oleh aktivitas jaringan meristem sekunder. Contoh jaringan meristem sekunder adalah jaringan kambium pada batang tumbuhan dikotil dan Gymnospermae. Sel-sel jaringan kambium senantiasa membelah. Pembelahan ke arah dalam membentuk xilem atau kayu, sedangkan pembelahan ke luar membentuk floem atau kulit kayu. Tumbuhan monokotil tidak mempunyai kambium sehingga tidak mengalami pertumbuhan sekunder.
Aktivitas pertumbuhan kambium tidak selalu sama setiap musimnya, karena pada musim penghujan pertumbuhan kambium akan berkembang pesat karena tersedia banyak air, sementara pada musim kemarau pertumbuhan kambium berkurang karena kekurangan air. Aktivitas pertumbuhan kambium ini tampak sebagai cincin konsentris pada batang yang disebut lingkaran tahunan.


Link terkait
Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan 
Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan
Metamorfosis dan Metagenesis
Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia